Detik.com - Pemprov Jabar mencanangkan air Sungai Citarum bisa diminum dan aman bagi kesehatan warga pada 2018. Untuk mewujudkannya Pemprov membentuk Forum DAS Citarum.

"Dengan program (membentuk Forum DAS Citarum), mudah-mudahan cita-cita agar Sungai Citarum pada 2018 bisa diminum bisa terealisasi," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (6\/2\/2013).

Dengan adanya forum tersebut, ia berharap semua kekuatan yang selama ini peduli terhadap Citarum jadi keuntungan tersendiri. Semuanya diharapkan bersatu tanpa merasa diri yang paling peduli dan berhak memperbaiki Citarum.

"Semuanya nanti harus bareng-bareng dalam koordinasi supaya terukur, tahapannya terlihat," tutur Heryawan.

Ke depan, pihaknya berharap segera ada operational rules soal penanganan bersama Citarum dalam sebuah kesepakatan.

Kepala BPLHD Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan saat ini pencemaran Citarum sudah cukup parah. \\\"Kualitas Sungai Citarum paling ujung (hilir) saat ini masuk kategori pencemaran berat sampai tengah. Tapi di daerah dulu yaitu di Cisanti kondisinya baik,\\\" paparnya.

Ia sendiri menyambut baik pembentukan forum itu. Sebab semua pihak yang concern terhadap Citarum bisa bekerjasama.

Disinggung apakah pada 2018 air Sungai Citarum bisa benar-benar aman diminum, Setiawan menyebut itu tergantung pada upaya bersama semua pihak.

"Itu kembali lagi pada (upaya) kita semua dan yang concern," tandas Setiawan.